Ciri-ciri Tanaman Sirsak dan Manfaatnya

Hallo sobat readers, tengah siang duduk dibawah pohon sambil minum jus pastinya enak tuh. Apalagi kalau jusnya air kelapa muda campur manisan terus sambil baca artikel ini. Pasti kebayang tuh indahnya dunia Indonesia kita yang hijau. Ngomong-ngomong kali ini kita tidak akan membahas soal jus kelapa dulu apalagi buahnya. Sekarang ini waktunya untuk mengungkap fakta unik dibalik buah Sirsak yang melegenda. Dimana kita akan mengulas beberapa hal penting mengenai buah yang enak ini.

Tanaman Sirsak


Tentunya kalian pernah merasakan nikmatnya buah sirsak baik dalam bentuk olahan makanan atau minuman atau juga memakan langsung buahnya. Itu sudah pastikan?, Kalian bukan orang Indonesia kalau belum pernah merasakan buah sirsak ini. "Emang buah ini berasal dari Indonesia?" Ya ya pertanyaan yang bagus. Tentu saja buah ini bukan berasal dari negeri kita melainkan berasal dari daratan Amerika tengah dan Amerika Selatan lebih tepatnya buah ini awalnya ditemukan di Karibia. benar-benar daratan yang jauh ya. Tanaman Sirsak ini dibawah oleh Kolonial Hindia Belanda ke Nusantara pada abad ke 19. makanya penyebutannya agak sedikit ke Belanda-Belandaan yaitu "Zuurzak" yang artinya "Kantung Asam". Ada-ada saja penamaan dari buah ini, tapi ada benarnya juga. Sebab buah ini punya cita rasa Asam sedikit kemanisan, bisa dibilang begitu. Nama sebutan tanaman ini bisa berbeda di setiap wilayah. Kalau di daerah ana penduduk setempat menyebutnya dengan nama "Haniis", di daerah kamu apa?.

Tanaman Sirsak (Annona Muricata) merupakan tanaman yang dapat hidup diberbagai kondisi lahan, baik itu kering ataupun lembab. Tapi tanaman ini akan tumbuh dengan baik dilahan yang berair. Kondisi lahan akan mempengaruhi tumbuh kembang dan kualitas rasa buahnya. Sebagai contoh perbandingan Sirsak yang tumbuh di atas bukit kering berbatu buahnya akan kecil dan isi buahnya tidak banyak mengandung air atau agak kering. Sedangkan tanaman sirsak yang tumbuh dilahan yang baik buahnya besar dan daging buahnya mengandung banyak air. Tanaman sirsak juga memiliki nilai jual karena buahnya bisa dimanfaatkan sebagai olahan jus. Dan di beberapa wilayah di Indonesia tanaman ini di budidayakan untuk keperluan pabrik Minuman dalam kemasan. Sayangnya di Sulawesi tengah tanaman ini masih menjadi tanaman sampingan atau pekarangan dimana masyarakat hanya memanfaatkan pohonnya sebagai tameng dari sinar matahari atau peneduh. Selain itu buahnya juga diambil untuk dimakan dan beberapa bagian tanaman ini diambil dan digunakan sebagai obat.

Struktur tanaman


Struktur Tanaman Sirsak terdiri dari Akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Akar tanaman tunggang bercabang dipermukaan. terdapat satu cabang utama yang menancap kuat kedalam tanah yang berfungsi sebagai tumpuan batang untuk tumbuh tegak. Warnanya coklat keabuan. Batangnya tegak bulat berkayu keras, Permukaan kulit batang kasar warnanya hitam keabuan terdapat bercak putih di seluruh kulit batang.

 Pohon sirsak bentuknya bercabang dan tersebar. Daun sirsak bentuknya lonjong memanjang, dibagaian pangkal tangkai dan ujung daun runcing dan tulang daunnya menyirip. Warna daunnya hijau muda dan tua. Di sisi bagian atas daun warnanya akan lebih gelap dan mengkilap sedangkan di sisi bawahnya akan sedikit memudar. Bunga sirsak bentuknya seperti lambang hati (love)😁 dengan tiga kelopak berwarna hijau muda dibagian luar sedangkan bagian dalam terdapat 3 kelopak yang saling melingkar berbetuk bulat warnananya kuning keputih-putihan. Didalam bulatan tersebut terdapat banyak putik. Buah sirsak termasuk buah berganda dimana buahnya ini sebenarnya adalah kumpulan buah-buah dengan biji tunggal yang saling berhimputan. Daging buah putih bersih dan bijinya berwarna hitam mengkilap.

Manfaat dan kegunaan


Tanaman sirsak memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Buahnya yang matang bisa dimakan atau dijadikan olahan jus atau bahan baku es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat dan juga fruktosa. Selain itu buah sirsak mengandung berbagai banyak vitamin diantaranya vitamin C, B1, dan B2. Terdapat juga kandungan anti sel Kanker dari buahnya. Bahkan dianjurkan untuk mengkonsumsi buah sirsak setiap hari secukupnya. Kegunaan lain dari tanaman ini yaitu daunnya. Daunnya digunakan untuk bahan obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti batuk kronis termasuk juga penyakit non medis. Di daerah Sulawesi daun sirsak digunakan oleh Peraqi (Peruqyah) untuk menetralisir penderita gangguan sihir atau gangguan jin. Cara pengolahannya cukup mudah yaitu dengan merebus 7 helai daun, kemudian rebusan tersebut diminumkan ke penderita. Ini juga bisa mengobati banyak penyakit.

Comments