Ciri-ciri Tanaman Pepaya

Pada artikel kali akan membahas tentang Tanaman pepaya dan manfaatnya. Tentu sudah tahukan dengan tanaman ini. Tanaman penghasil buah enak yang disebut "Pepaya" atau "Carica pepaya L. ". Sudah pernah nyobain rasanya ga? Pastinya dong. soalnya di Indonesia tanaman ini sudah sangat populer, bahkan telah dimasukkan kedalam lagu "pepaya mangga pisang jambu",. Tentu semua masyarakat kita dari Sabang sampai Merauke sudah kenal akrab dengan tanaman ini. Tapi tahu ngga kalau pepaya ini asalnya dari mana? Tanaman ini berasal dari daratan Meksiko bagian Selatan dan bagian Utara Amerika Selatan. Cukup jauh bukan.

Tanaman Pepaya

Di daerah Sulawesi Tengah, Tolitoli tanaman ini di sebut "Kapeya" oleh masyarakat suku Tolitoli setempat. Bukan merupakan tanaman prioritas dagang berskala besar atau tidak dibudidayakan secara masif untuk keperluan produksi. Tanaman ini hanya menjadi selingan yang ditanam di area perkebunan untuk diambil bunga, daun dan buahnya. Sebagian juga diperjual belikan buahnya di pasar tradisional. Tanaman ini tersebar di setiap tempat baik yang sengaja ditanam ataupun tumbuh secara alami di pedalaman. Tanaman pepaya yang kebanyakan dibudidyakan oleh masyarakat setempat yaitu jenis "pepaya syrup". Jenis ini memang merupakan primadona karena daging buahnya yang tebal dan banyak mengandung air.

Ciri-Ciri Tanaman Pepaya

Adapun ciri-ciri pepaya yakni memiliki batang berwarna hijau putih tidak berkayu serta memilki rongga, daunnya lebar berbentuk jari dengan tangkai daun menyerupai pipa, pepaya memilki bunga yang berwarna putih kekuningan, buah pepaya biasa berbentuk bulat dan ada juga yang bentuknya memanjang, daging buah yang tebal serta memilki banyak biji kecil-kecil yang berwarna hitam dengan rasa yang pahit, serta berakar tunggang.

Manfaat dan Kegunaan

Tanaman pepaya mengandung banyak sekali manfaat dan kegunaannya. Buahnya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan sangat kaya akan vitamin C. Satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg vitamin C, tidak hanya itu, pepaya juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Selain itu buah pepaya yang dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan dan minuman. Bagian lain dari tanaman ini juga bisa digunakan sebagai bahan baku olahan obat tradisional yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh diantaranya sebagai alternatif penyembuh penyakit malaria. cara pengolahannya sederhana yaitu cukup dengan memakan daun muda pepaya yang telah direbus, dan dengan mengkonsumsi daun pepaya ini  juga dapat merangsang nafsu makan. Selan itu bijinya dapat dijadikan sebagai penyembuh penyakit cacingan. Tidak sulit membuatnya, keringkanlah biji buah pepaya dengan cara menjemurnya, setelah kering lalu haluskan biji buah pepaya tersebut, gunakan 2 sendok biji pepaya, dan beri ½ gelas air matang, disarankan menggunakan air hangat, minumlah sehari sekali. Masih ada lagi kehugunaan dari tanaman pepaya ini yaitu getah pepaya juga dapat mengobati bekas dan luka bakar, yakni dengan mengoleskannya langsung ke area yang terbakar.

Comments