ciri-ciri tanaman serai

Tanaman Serai

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Serai merupakan tanaman rumput-rumputan yang tergolong kedalam jenis tanaman obat-obatan dan rempah. Dengan memiliki banyak kegunaan diantara lain yaitu sebagai bahan rempah untuk memperkuat aroma masakan dan sebagai bahan obat untuk meredakan sakit gigi dan sebagai bahan campuran minyak urut yang berkhasiat menghilangkan nyeri otot pada bagaian tubuh. Serai juga termasuk tanaman rempah yang banyak dibudidayakan oleh petani kita hampir disetiap daerah. Makanya tidak sulit untuk menemukan tanaman nan berkhasiat ini, kita bisa menemukannya dengan mudah dengan harga yang relatif murah diberbagai pasar tradisional. 

Selain berkhasiat, tidak sulit untuk membudidayakan tanaman ini karena tidak membutuhkan perawatan khusus seperti cabai atau tanaman lainnya. Kita hanya membutuhkan sedikit lahan seperti sudut pekarangan rumah. Terlebih lagi tanaman ini tidak membutuhkan lahan tanah yang khusus asalkan tidak ditanam ditempat yang tergenang air pada saat hujan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dilahan yang kering. Cara penanamannya cukup mudah, kita hanya perlu mengambil bagian batangnya saja. Gali tanah sekitar 4-5 cm dan tancapkan batang serai kedalam galian tersebut. Kemudian lakukan perawatan secukupnya seperti melakukan penyiraman setiap pagi dan petang selama seminggu hingga akarnya tumbuh. Selebihnya kita hanya perlu membersihkan area eskitar tempat tumbuhnya dari rerumputan pengganggu.

Serai merupakan tanaman rumpun yang berkembang biak dengan tunas sama halnya dengan tanaman alang-alang. Struktur tubuh tanaman tidak memiliki batang sejati karena hanya terdiri dari lapisan pelepah daun. Daunnya memanjang pipih dan ujungnya lancip berwarna hijau keabu-abuan. Daun yang tua akan terlihat hijau kekuning-kuningan hingga kecoklatan, terdapat lapisan rambut-rambut halus disetiap sudut daun. Jika terkena kulit akan terasa gatal. Serai berakar serabut, semakin tua umur tanaman ini maka akarnya akan semakin bekembang dan kokoh. Oleh karena itu, pengambilan batang serai memerlukan sedikit upaya dan memerlukan alat-alat bantu seperti parang atau cangkul setidaknya. Belum lagi, gangguan pada kulit. Untuk itu kita sebaiknya menggunakan pakaian yang berlengan panjang atau jika perlu gunakan sarung tangan agar terhindar dari rasa gatal pada kulit.

Batang Serai
Saat ini, hanya itu yang dapat kami jabarkan mengenai informasi tanaman serai pada artikel kali ini, karena keterbatasan wawasan dan referensi. Mungkin saja terjadi beberapa kekeliriuan maka jangan ragu untuk memberikan saran atau masukan melalui form komentar. Merasa terbantu dengan informasi yang ada diblog ini maka jangan ragu pula untuk memberikan +1 melalui Google Plus. Jayalah para petaniku, jaya Indonesiaku. wassalam

Comments