ciri-ciri tanaman pala

Pohon Palatanaman pala (Myristica Fragrans) merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita. salah satu fungsi terbesar dari pemanfaatan tanaman ini  yaitu sebagai bahan manisan dan rempah masakan. selain rempah untuk makanan, pala juga berkhasiat sebagai obat dan bahan kecantikan. memiliki harga jual yang tinggi sehingga tanaman ini layak untuk ditanam sebagai tanaman perkebunan yang dapat menghasilkan. sayangnya tidak semua daerah cocok untuk pertumbuhan dan pemyebaran tanaman ini. di Sulawesi Tengah, tanaman ini banyak dibudidayakan oleh petani untuk diambil biji dan buahnya. umunya ditanam di area pegunungan. di dearh Tolitoli khusunya tanaman ini merupakan pendamping dari tanaman cengkeh, diamana pertani selain mebudidayakan cengkeh mereka juga membudidayakan tanaman ini berdampingan dengan pohon belinjo dan cengkeh diarea tanam yang sama.

Struktur Tanaman

tanaman pala memiliki struktur lengkap seperti tanaman sempurna pada umunya. memiliki akar, batang, cabang, dahan ranting, daun dan bunga. akar tanaman berbentuk tunggang dan kokoh menancap kedalam tanah, batangnya tegak,warna kulit batangnya cokelat kehitam-hitaman. memiliki cabang yang menjulang tinggi keatas, biasanya terdapat 2 cabang ang tumbuh pada satu batang tanaman. dahannya tersebar disekitar cabang serta ranting-ranting untuk bertumpunya daun. daunnya menjari dan bentuknya elips tipis, berwarna hijau muda hingga hijau tua mengkilap. bunganya berwarna putih yang merupakan cikal bakal buah. buahnya berbentuk lonjong, berwarna hijau keabu-abuan saat masih muda serta kuning kehijauan pada saat matang dan biasanya akan terbelah sendirinya. daging buahnya berwarna puith berair dan memiliki aroma yang khas. bijinya berwarna cokelat muda pada buah pala yang masih muda, sedangkan untuk pala yang sudah matang akan berwarna hitam.

Dahan dan ranting tanaman pala buah pala
     Dahan dan ranting tanaman pala                        buah pala

Khasiat dan manfaat

tanaman pala memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan masyarakat kita. biji buahnya yang memiliki manfaat sebagai bahan rempah masakan ternyata bisa digunakan sebagai masker yang berkhasiat untuk meremajakan dan menghaluskan permukaan kulit wajah, mengecilkan pori-posri serta mengurangi minyak pada kulit wajah. namun tentu saja sebelum dapat digunakan sebgai masker perlu cara khsus untuk memprosesnya, dengan memanfaatkan isi biji buah pala yang masih muda kemudian dicampurkan dengan tepung beras atau tepung bengkoang. bisa dilakukan dengan cara tradisional atau menggunakan alat ekstrak. selain memanfaatkan bijinya daging buahnyapun dapat dibuat menjadi manisan dengan cita rasa yang unik. selain itu biji pala yang telah dikeringkan juga bernilai jual yang cukup menjanjikan

mungkin hanya itu yang dapat kami informasikan mengenai tanaman dan buah bermanfaat yang dapat kita budidayakan. semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang kekayaan alam tanah air tercinta ini. terima kasih telah berkunjung. jangan lupa membagikan tulisan ini pada teman-teman yang lainnya.. salam Indonesiaku, cinta tanah airku….

Comments