ciri-ciri tanaman langsat

Pohon langsat

Tanaman langsat (Lansium Domesticum) merupakan tanaman sebangsa tanaman duku yang memiliki khasiat dan manfaat bagi tubuh manusia. selain sebagai tanaman berkhasiat obat, rasa buahnya yang nikmat untuk dikonsumsi menjadikan daya tarik tersendiri bagi tanaman bermanfaat ini sehingga memiliki nilai jual yang menjanjikan.  di daerah Sulawesi, khusunya di Tolitoli. tanaman ini banyak tersebar sebagai tanaman liar atau tanaman ini tumbuh tanpa di kembangbiakkan oleh manusia. tanaman ini dapat tumbuh dipekarangan rumah, gunung atau kebun tanpa secara sengaja ditanam. penyebarannya terjadi secara alami, kebanyakan dibantu oleh burung dan kelelwar.

Struktur Tanaman

tanaman langsat memiliki bentuk dan struktur tanaman sempurna yang memiliki akar, batang, cabang, dahan, ranting, daun, bunga dan buah serta  hampir setiap bagian dari tanaman ini memiliki manfaat bagi manusia. Akar tanaman langsat berbentuk tunggang dan kokoh sebagian dari akarnya menyebarnya hingga keluar di atas permukaan tanah, batangnya berwarna cokelat tua keputih-putihan. pigment putih pada batang disebabkan karena proses penuaan pada kulit batang. biasanya pigment putih ini akan lepas dengan sendirinya jika telah mengalami pelapukan kulit. cabang tanaman langsat menjulang keatas biasnya terdapat 3 – 4 cabang dalam satu batang tanaman dan terdapat banyak dahan dan ranting yang ditumbuhi oleh daun. dahan dan rantingnya menyebar kesegala arah sehingga menutupi struktur bagian atas pohon (lihat gamabr diatas). berdaun jamak dan menyirip dalam satu dahan terdapat 5 - 9 helai daun. warna daunnya hijau muda hingga hijau tua dan kemudian menguning sesaat sebelum gugur. bunga langsat berwarna putih sebelum berbentuk buah. buahnya bertandan, terdapat 25 hingga 35 buah dalam satu tandan. buahnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau tua hingga kuning orange keputih-putihan saat matang. isi buahnya manis dan mengandung air, dalam satu buah terdapat 5 keping daging buah kadang terdapat biji dalam satu keping daginya. rasa bijinya yang terasa pahit bila termakan.

ranting dan dahan langsat batang langsat
ranting dan dahan langsat batang langsat
permukaan akar langsat daun langsat
 permukaan akar langsat daun langsat
buah langsat pada dahan daging buah langsat
 buah langsat pada dahan daging buah langsat
 Hendra dan buah langsat
Hendra dan buah langsat Open-mouthed smile

Khasiat tanaman Langsat

khasiat tanaman langsat terdapat pada biji dan kulit batangnya yang bermanfaat sebagai obat penyakit malaria yang sebagaian besar dipercaya oleh masyarakat kita. bijinya dan kulit batangya yang sangat pahit bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan malaria. biasanya kulit batang dkupas dan direbus kemudian air dari rebusan tersebut diminumkan kepada penderita penyakit malaria. sedangkan pada bijinya tidak perlu direbus lagi, hanya tinggal mengunyahnya saja.mungkin hanya itu informasi yang dapat kami jabarkan mengenai ciri-ciri khasiat dan manfaat tanaman langsat. semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya

Comments