Peluang bisnis dan teknik pemasaran tanaman cabai

bagi masyarakat indonesia cabai apapun jenisnya merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan sehari-hari. cabai digunakan untuk melengkapi jenis masakan yang sangat di sukai oleh masyarakat kita. Selain itu, cabai memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh setiap orang, baik itu sebagai vitamin, penyedap makanan, maupun sebagai obat. Selain mengandung banyak manfaat untuk tubuh cabai juga dapat meningkatkan penghasilan yang diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup para petani. Para penanam cabai memiliki peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Melihat banyaknya usaha-usaha dibidang masakan. Baik itu warung makan, restoran, perhotelan, maupun industri masakan instant serta industri sambal dan saus. Usaha-usaha dibidang tersebut membutuhkan buah cabai dalam jumlah besar.

hasil panen cabai merah
hasil panen cabai merah siap untuk dipasarkan
cabai termasuk komoditas yang memiliki nilai jual karena merupakan hasil pertanian yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat kita. Pemasaran pun sangat mudah, disamping itu hasil yang diperoleh dari jumlah yang kecil maupun besar kedua-duanya dapat mendatangkan keuntungan.jika dalam kala kecil, pemanfaatannya dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari sehingga dapat menghemat pengeluaran atau anggaran belanja. Sedangkan dalam jumlah skala yang besar dapat ditawarkan kepada teman-teman, tetangga, atau rekan bisnis.

Teknik dari penjualan cabai dapat dilakukan dengan mudah, Penjualan bisa dalam bentuk urai, kemudian diukur sesuai permintaan pembeli, Atau bisa juga dikemas dalam kantong plastik dengan menggunakan takaran ukur per-kilogram. Buah cabai dapat dikemas berdasarkan jenis, kualitas serta harga jual nya. Cabai merah dalam jumlah besar dapat disalurkan ke rumah makan, restoran atau tempat penjualan dimana cabai digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Hasil panen tanaman cabai dapat di pasok ditempat-tempat ini, atau bisa juga di pasok pada tempat seperti supermarket atau pusat perbelanjaan sembilan bahan makanan pokok. Akan tetapi, akan sangat menguntungkan jika hasil panen di pasok ke industri-industri seperti mi instant atau cabai dan saus.

Satu hal yang perlu di perhatikan dalam penjualan cabai lama satu barang disimpan. Buah cabai merupakan buah yang cepat membusuk, untuk itu proses pemasaran harus dipercepat dengan membuat distribusi yang lancar dan cepat. Teknik ini dapat dilakukan dengan mencari pembeli sebelum pemanenan tanaman cabai. Untuk itu di himbau kepada para pemula yang baru saja memulai bisnisnya dalam tanaman cabai, hendaknya selalu yakin dengan kelangsungan usahanya. Karena cabai merupakan bahan pokok rumah tangga. Hubungan baik dan kepercayaan dengan mitra usaha harus di jaga dengan baik sehingga banyak keuntungan yang dapat kita peroleh dari budidaya tanaman cabai ini.

Comments