Ciri-ciri dan khasiat Buah Bengkudu (Mengkudu)

Mungkin nama yang tertera dalam judul artikel blog ini agak sedikit berbeda dengan berbagai situs web atau blog lain yang menampilkan hal serupa. Namun hal ini dituliskan bukan sekedar mengada-ngada agar terlihat sedikit berbeda dengan yang lain, melainkan nama dari buah ini yang memang dikenal sebagai Bengkudu dari kota asal saya. Mungkin kalian sudah mengenal buah ini atau mungkin juga tidak sama sekali. Nah pada artikel ini kalian akan menemukan beberapa informasi umum mengenai ciri, asal muasal, serta khasiat dari tanaman nan bermanfaat ini.

Buah Bengkudu


1. Ciri-ciri Buah Bengkudu (Mengkudu)


pohon Bengkudu biasanya hanya memiliki tinggi 4-6 m, memiliki batang utama dan berdahan. Kulit batangnya berwarna cokelat kekuning-kuningan serta berakar tunggang. Daunnya lebar kurang lebih 2x ukuran telapak tangan orang dewasa berujung lancip, urat daun menyirip warnanya Hijau tua kehitaman. Buah Bengkudu bentuknya majemuk seperti piramida atau jantung manusia yang berbintik-bintik hitam dan berkutil. Warnanya hijau ketika mengkal hingga putih pucat ketika sudah masak dan lunak. Umunya buah yang masak ini berbau tak sedap.

Pohon Bengkudu

2. Asal muasal tanaman Bengkudu


Buah Bengkudu (Mengkudu) memiliki banyak sebutan di Indonesia. Bengkudu, Bangkudu, kayu kuning (Sulawesi) pace, kemudu, kudu ,(Jawa) cangkudu (Sunda) dan tibah (Bali) selain itu mungkin masih ada lagi sebutan lain yang digunakan sebagai penamaan dari buah ini. biasanya tergantung dari adat istiadat atau kultural dan bahasa suatu daerah. Dari pengunjung mungkin bisa menambahkan sebutan pada kolom komentar dibawah agar pengunjung lainnya bisa tahu batapa banyaknya nama dari buah ini.

Asal usul dari buah ini seperti yang dikutip dari wikipedia bahwa keberadaan buah ini tidak terlepas dari keberadaan bangsa Polinesia yang menetap di Kepulauan Samudra Pasifik (Asia tenggara) lebih lengkapnya dapat anda disini.

3. Khasiat Buah Bengkudu (mengkudu).


Didaerah sulawesi buah ini sangat dihargai meskipun buahnya berbau tak sedap. Jika pekarangannya ditumbuhi pohon bengkudu maka satu-satunya pohon yang akan selamat dari pemangkasan adalah Pohon Bengkudu ini. Alasannya sederhana buah bengkudu adalah obat yang paling mujarab dalam menyembuhkan berbagai penyakit khususnya penderita penyakit Gula yang menakutkan. Cara mengolahnya juga sangat mudah, buahnya yang sudah masak cukup dengan diblender dan dibuat jus kemudian diminumkan kepada si penderita penyakit tersebut secara rutin. Selain itu daunnya juga berkhasiat mengobati ambein dengan cara ambil daunnya 2 sampai 3 lembar kemudian di blender. Bisa juga dimasak atau pula diseduh dengan air panas lalu air rendamannya diminumkan pada penderita Ambein.

Mungkin hanya itu yang bisa saya paparkan kepada kalian mengenai Buah Bengkudu (Mengkudu), semoga bermanfaat

Comments