Sunday, July 7, 2013

Pengobatan penyakit tanaman

Pengobatan penyakit tanaman cabai merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui dalam bercocok tanam cabai. Dalam tahap ini juga akan dijelaskan berbagai jenis penyakit yang biasanya menyerang tanaman cabai beserta cara penanganan-nya. Penyakit pada tanaman cabai dapat disebabkan oleh hama atau jamur. Umumnya penyakit yang  terdapat pada tanaman cabai antara lain bercak daun, busuk daun, busuk akar, busuk buah dan keriting. Berikut akan dijelaskan dampak yang ditimbulkan dari masing-masing penyakit tersebut beserta langkah-langkah penanggulangannya.


1. penyakit bercak daun
bercak daun
bercak daun
Salah faktor penyebab penyakit bercak daun adalah jamur. Indikasi dari penyakit ini adalah timbulnya bercak-bercak kuning yang terdapat di permukaan daun.  Bercak-bercak ini lambat laun akan membesar, kemudian daun cabai akan menjadi kering dan rontok. Penyakit ini dapat menyebar sangat cepat, terutama jika musim penghujan saat tanah lembab. Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara menghilangkan daun-daun yang terserang, kemudian melakukan penyemprotan pada tanaman dengan menggunakan fungisida. Pembersihan tanah dari gulma juga perlu dilakukan untuk mencegah penyakit tanaman jenis ini. mengurangi kadar kelembaban tanah dengan menambahkan atau menaburkan pasir disekitar batang tanaman.

2. penyakit busuk daun
busuk daun
penyakit busuk daun
Penyakit busuk daun disebabkan oleh jamur yang berkembang di tanah lembab pada musim penghujan. Tanda-tanda dari penyakit ini adalah pembusukan daun yang berada dekat dengan permukaan tanah. Pembusukan daun dengan cepat menjalar dan akhirnya akan menyerang ranting. Hal ini akan membuat produksi cabai akan menurun dan tanaman akan mati jika penyakit ini tidak segera dikendalikan.  Pengendalian dapat dilakukan dengan cara menghilangkan daun atau ranting yang telah terserang dan memberikan penyemprotan dengan menggunakan fungisida.

3. penyakit busuk akar
busuk akar
busuk akar
Penyakit ini disebabkan karena kondisi tanah yang buruk dan jamur. Pertumbuhan tanaman cabai yang terserang akan terhambat dan kemudian tanaman cabai menjadi layu dan daunnya rontok dan pada akhirnya tanaman akan mati. Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara memperbaiki pengaturan saluran air dan melakukan penyemprotan fungisida pada tanaman.

4.penyakit busuk Buah
busuk buah
busuk buah
Penyakit busuk buah disebabkan oleh jamur. Buah yang terserang akan mengalami rontok atau kualitas buah akan menjadi jelek.pengendaliannya dapat dilakukan dengan memperbaiki tatanan air pemusnahan buah yang sudah terjangkit serta penyemprotan menggunakan fungisida.

5. penyakit virus keriting
virus keriting
virus keriting tanaman
Penyakit virus keriting menyerang hampir di semua bagian tanaman terutama pucuk dan daun. Tunas tanaman cabai tampak keriting serta daunnya kecil-kecil dan tidak normal. Hal ini disebabkan oleh serangan hama. Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara perawatan tanaman yang baik, memusnahkan tanaman yang terserang serta penyemprotan tanaman dengan insektisida 

Find Products Here