Pemanenan tanaman cabai

Pemanenan cabai dapat dilakukan setelah kurang lebih 6 minggu. Buah cabai harus dipetik bersaman dengan tangkainya jika tidak cabai hasil petikkan tidak akan dapat bertahan lama atau cepat membusuk. Pemanenan dapat dilakukan berdasarkan kebutuhan dan besarnya jumlah cabai yang ditanam. Jika cabai ditanam pada lahan yang luas hasil panen dapat dijual dengan skala besar, jika cabai ditanam dengan jumlah yang terbatas maka hasilnya dapat digunakan untuk keperluan sendiri.


Banyak keuntungan yang dapat diambil jika cabai ditanam dalam jumlah besar. Uang hasil penjualan dapat dijadikan sumber penghasilan. Sedangkan untuk jumlah yang berskala kecil dapat mengurangi pengeluaran uang belanja untuk keperluan dapur. Manfaat lain dari pemanenan cabai ialah adanya rasa kepuasan hati karena dapat menikmati jerih payah saat bercocok tanam. selain itu penataan tanaman cabai yang baik dapat menambah keindahan dan menghhambat polusi udara.

Berikut ini merupakan pola perhitungan biaya yang akan dikeluarkan berdasarkan pola perhitungan hasil dari tanaman cabai yang dapat dijadikan sebagai pijakan bagi pemula:
tabel pola perhitungan pembiayaan:
pembiayaan jumlah
sewa tanah sekian… Rp……
benih atau bibit (banyaknya bibit )x (sekian rupiah per-bungkus) Rp……
pestisida (sekian) kw Rp……
fungisida oganik (sekian) kw Rp……
pupuk kandang (sekian) ton Rp
pupuk mikro (gandasil) Rp……
ongkos kerja selama 20 hari Rp……
biaya tak terduga Rp……
jumlah total pembiayaan Rp…..
ket:
  • (sekian) dan…… dapat digantikan sesuai dengan jumlah pembiayaan yang dibutuhkan
  • untuk pola perhitungan pembiayaan mungkin bervariasi di setiap daerah, misalnya sewa tanah, upah pekerja, atau banyak dan jenis pupuk yang akan digunakan
tabel pola perhitungan hasil
hasi panen harga per-kilogram jumlah
(sekian)Kg Rp 21.000,00 Rp…..
Rp 25.000,00 Rp…..
Rp 30.000,00 Rp…..
  • (sekian) dan … dapat digantikan dengan pendapatan/hasil yang didapatkan dari hasil panen tanaman cabai
  • harga cabai yang tertera merupakan harga cabai pada tahun 2013 dengan standar harga Rp 21.000,00 per kilogramnya, harga mungkin bervariasi di setiap daerah
  • hasil panen yang diharapkan dapat diisi sesuai dengan pendapatan/hasil yang diperoleh.


Comments