Ciri Tanaman Kunyit dan Khasiatnya

Kunyit merupakan tanaman Asli Asia Tenggara, merupakan tanaman obat dan rempah yang cukup dikenal oleh masyarakat kita. tidak hanya mayarakat ditanah air pada khususnya namun hampir setiap bangsa Asia pada umumnya mengenal tanaman ini dengan baik dikarenakan kegunaan dan khasiatnya  yang melimpah. selain itu tanaman ini merupakan tanaman yang cukup tekenal sebagai bahan industri makanan, obat dan kosmetik. Bagi masyarakat kita sendiri tanaman ini umumnya banyak dibudidayakan untuk keperluan bahan rempah masakan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan kondisi tanah yang kering dan berpasir.  penanamannya juga tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan perawatan ekstra, namun untuk beberapa daerah di Indonesia tanaman ini dibudidayakan untuk keperluan industri. dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pembudidayaan Kunyit ini dilakukan dalam skala besar yang tentu saja memerlukan perhatian khusus agar dapat menghasilkan bubuk kunyit yang baik dan berkualitas.


Tanaman Kunyit

ciri-ciri tanaman Kunyit


tanaman kunyit ini dapat hidup dengan baik di lingkungan kering dan berpasir.  Batangnya merupakan 1 batang pokok yang dibalut oleh pelepah daun, tidak bercabang, merupakan batang semu yang ditutupi oleh pelepah daun, batang utama berwarna hijau muda. 

Daunnya merupakan daun tunggal yang berbentuk lanset lebar dan ujungnya lancip berwarna hijau sampai kekuningan untuk daun yang tua. tulang daun menyirip panjang daun beserta pelepah akan tumbuh lebih tinggi dibandingkan batangnya ukuran pelepah bisa tumbuh kurang lebih hingga 50-70 cm serta beraroma khas.

Akarnya berbentuk bulat panjang beruas dan berwana kuning agak putih. struktur bunganya terlihat berbentuk seperti mahkota degan dengan panjang 3 cm, tergolong dalam bunga majemuk, berwarna putih kekuningan. ujung dan pangkal bunga berbentuk runcing.


Tanaman Kunyit


Khasiat dan kegunaan Tanaman kunyit


karena sudah sangat terkenal dimasyarakat kita tentu saja khasiat dari tanaman ini merupakan pengetahuan secara umum. Secara tradisional pemanfaatan tanaman ini mencakup  pada Daun dan akarnya. Daunnya yang berkhasiat untuk mengurangi iritasi pada kulit yang gatal, juga dapat digunakan sebagai obat luka bakar. selain itu daunnya juga bisa digunakan untuk keperluan memasak yang berguna untuk menghilangkan bau amis pada bahan makanan tertentu  serta memperkuat aroma masakan. sedangkan pada akarnya  memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka luar maupun dalam untuk kunyit yang telah diolah dalam bentuk bubuk. air  rendaman bisa mengobati sakit perut diare dan penderita penyakit lambung, juga berfungsi sebagai anti bakteri dan virus. kegunaan bubuk kunyit yang lain adalah digunakan sebagai pewarna makanan alami, bisa digunakan untuk memperkuat warna pada minyak goreng dan digunakan sebagai bahan perenyah gorengan seperti masakan yang menggunakan ikan sebagai bahannya.

Comments