Manfaat jamur dibidang kesehatan

lingzhi
jamur Lingzhi
Jamur merupakan sumber pembangun yang cukup baik yang dapat  menunjang kebutuhan tubuh manusia, selain itu jamur juga dapat bermanfaat sebagai obat. Jamur jenis ini dipercaya membawa banyak khasiat untuk mengobati penyakit tumor dan kanker serta dapat dimanfaatkan untuk menetralisir racun dalam makanan olahan.  Bahkan kabar paling mutakhir yang sedang dikembangkan sampai saat ini oleh banyak pera ilmuwan dunia bahwa jamur mampu membunuh virus HIV. Khasiat lain dari jamur adalah menurunkan gula darah dan kolesterol. Ada juga jenis jamur yang dipercaya mampu memperpanjang usia seperti khasiat yang terdapat pada jamur Lingzhi.

Tentu anda pernah mendengar sebutan penecilin (penisilin),  ini juga merupakan zat yang dihasilkan oleh jamur Kapang penecilin (penicillium). Dimana zat ini dipercaya dapat menyembuhkan luka. Saat ini  tidak begitu sulit untuk memperoleh khasiat dari jamur Kapang karena zat ini telah di ekstrak kedalam bentuk obat-obatan yang dapat di temukan di toko-toko obat atau apotek.  Selain itu juga penisilin juga digunakan sebagai obat yang dapat disuntikkan ke tubuh manusia. Namun zat ini tidak dapat bertahan lama dalam waktu beberapa hari kekuatan dari zat ini akan hilang.

Penemuan obat penicilin ini ternyata telah memberi dorongan kepada para ilmuwan dunia untuk mencari daya kerja yang lebih kuat dari penisilin. Tentu saja subyek yang menjadi penelitian mereka adalah jamur dan bakteri-bakteri  yang mempunyai zat-zat lain. Tiap- tiap jenis jamur mempunyai zat yang berbeda tetapi pada umumya dapat digunakan sebagai penyembuhan penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri. Zat-zat itu disebut dengan antibiotica, yang saat ini sangat berguna sebagai antibiotik atau dengan arti lain zat ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan bakteri-bakteri penyebab penyakit pada manusia dan tumbuhan.

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat jamur dalam bidang kesehatan yang tidak dapat diuraikan secara keseluruhan oleh penulis, karena keterbatasan referensi. Segala manfaat yang telah diuraikan dalam tulisan ini merupakan hasil yang telah dibuktikan oleh para ahli dan tentu saja telah dirasakan khasiatnya oleh masyarakat kita. Semoga saja perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini  dan kedepan dapat semakin mempermudah para ilmuwan untuk menemukan sesuatu hal yang lebih bermanfaat lagi.

Comments