Jenis-jenis tanaman cabai

Jenis – jenis tanaman cabai yang ada di dunia ini sangatlah banyak sekali.  13 jenis dari tanaman ini telah dikenal oleh banyak orang. Namun jenis  tanaman  cabai yang paling banyak dibudi dayakan oleh petani kita hanya beberapa jenis saja. Jenis yang paling banyak dibudi dayakan adalah jenis yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat kita, dan beberapa lainnya hanyalah sebagai tanaman hias karena bentuknya yang unik. Jenis yang paling banyak dibudi dayakan oleh petani dalam jumlah besar yaitu:

1. cabai rawit
2. cabai merah
3. cabai paprika
4. cabai hias

1. cabai rawit
cabai rawit
Cabai rawit merupakan jenis cabai yang memiliki rasa yang sangat pedas dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Mengandung kadar minyak atrisi yang tinggi. Biji cabai ini banyak dan padat. Bentuk buah cabai rawit pada umumnya memiliki panjang kira-kira 1-2 cm dengan diameter 0,5-1 cm. Dengan rasanya yang khas pedas, jenis cabai rawit ini banyak digemari masyarakat pada umumnya, karena jenis cabai ini memiliki ketahanan  yang kuat dari berbagai serangan hama, dan mudah dalam perawatan-nya.



2. cabai merah
cabai merah bulat
Cabai merah merupakan jenis yang dapat dikatakan sebagai primadona cabai. Cabai merah juga banyak digemari oleh masyarakat kita, terutama dikalangan rumah makan, restoran, industri sambal atau saus serta mi instant. Harga jual-nya juga tinggi diantara ketiga jenis cabai. Cabai jenis ini merupakan cabai yang agak sulit penanaman dan perawatan-nya, namun demikian pembudi dayaan cabai merah menjanjikan peluang bisnis bagi pelakunya. Cabai merah ini juga memiliki beberapa jenis antara lain cabai merah keriting, cabai merah bulat, dan cabai hijau. Bentuknya juga bervariasi ada yang panjangnya 10 cm dengan diameter 0,5-1 cm. Ada pula yang panjangnya 8-12 cm dengan diameter 1- 1,5 cm.

3 cabai paprika
cabai paprika
Cabai paprika terkadang disebut sebagai cabai lonceng. Jenis cabai ini terlihat seperti buah apel merah yang kecil atau menyerupai buah tomat yang lonjong. Panjangnya kira-kira 2-5 cm dengan diameter 3-5 cm.Rasanya tidak pedas dan cenderung manis. Kulit dan daging buahnya tebal, bijinya sangat sedikit. Kulit buahnya berwarna hijau saat masih muda, setelah tua akan menjadi merah muda dan ketika buahnya masak akan berwarna merah tua. Harga cabai ini juga mahal dan perawatan-nya cukup sulit.
Penggemar cabai paprika juga banyak khususnya chef masakan restoran maupun hotel. Paprika juga sangat bagus digunakan untuk menghias makanan. Biasanya jenis cabai ini digunakan sebagai pelengkap yang menyajikan menu masakan mahal.

4. cabai hias
cabai hias
Cabai hias merupakan jenis tanaman cabai yang kebanyakan dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang ditanam di pot-pot. Meskipun demikian jenis cabai ini juga dapat di konsumsi sebagai bahan hiasan menu masakan. Harga jenis cabai ini cukup mahal karena keunikan-nya. Cabai hias ini juga bentuknya bermacam-macam  antara lain cabai kapur, cabai polong, cabai jepang, dan cabai payung. Bentuknya juga bervariasi ada yang seperti cabai rawit, ada yang bulat seperti kelereng dan ada pula yang bentuknya pipih. Warna buahnya cukup bervariasi ada yang berwarna hitam, ungu, putih kapur, merah, kuning maupun berwarna cokelat. Bentuk jenis cabai ini sangat unik sehingga ditanam dirumah sebagai tanaman hias.

Comments