Ciri-Ciri Tanaman Kumis Kucing

tanaman kumis kucing merupakan tanaman berasal dari Afrika, merupakan tanaman semak berbatang basah. didaerah sulawesi tengah Tolitoli tanaman ini banyak tumbuh liar disemak namun banyak juga masyarakat yang mengembangbiakkan tanaman ini untuk dijadikan tanaman hias dipekarangan karena tanaman ini berumpun menjadikannya unik dan sedap dipandang mata. selain itu tanaman ini sangat bermanfaat untuk dijadikan ramuan yang dipercaya masyarakat kita berkhasiat untuk menanggulangi berbagai macam penyakit. pengolahannya juga bisa dibilang cukup mudah hanya dengan memanfaatkan rebusan kering atau mentah bagian tanaman baik batang maupun daunnya. 

Tanaman Kumis Kucing

Ciri-Ciri tanaman Kumis Kucing


Kumuis kucing memiliki batang yang lurus dan lunak, bentuk segi empat, beruas-ruas dan basah warnanya ada yang ungu kehitaman dan ada juga hijau tua kehitaman. tinggi batang bisa mencapai kurang lebih 1-2 cm.

Struktur akar tunggang, akar ini berfungsi sebagai akar pokok menancap kedasar tanah, selain dari akar pokok terdapat banyak akar serabut yang halus yang menjalar hingga ke permukaan tanah.

Daunnya berbentuk lonjong memanjang dengan panjang kurang lebih 1- 2,5 cm, tulang daun menyirip, warnanya hijau sampai hijau tua dengan warna tangkai daun keunguan. 

bunga terdiri dari dua bagian yaitu bunga majemuk dan bunga tunggal. Struktur bunga yang unik menjadi ciri khas dari tanaman ini. kelopak bunga berkelenjar, dibagian pangkal bunganya disetiap kelopak bunga nampak helai-helai yang memanjang seperti kumis kucing yang berwarna putih sedangkan pada bagian ujung bunga kelopak bunganya bulat dan berbulu pendek. tandan yang tumbuh dari ujung cabang bunga ini ukurannya bisa mencapai 5-7 cm.

Khasiat Kumis Kucing


Tanaman Kumis kucing dipercaya oleh masyarakat secara umum sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dalam tubuh seperti luka dalam tubuh. sangat cocok pada penderita luka kecelakaan bagian organ dalam serius, penderita nyeri pinggang berkepanjangan atau umumnya  pada penderita yang merasakan nyeri pada bagian tubuh. selain itu Kumis Kucing juga berkhasiat untuk mengobati penyakit kencing manis, gangguan ginjal dan batu ginjal, syphilis, serta menurunkan Glukosa darah. pengolahan ramuannya cukup sederhana dan mudah, dengan mengambil bagian tanaman seperti batang dan daun yang dapat diseduh langsung dengan air panas atau boleh juga direbus, setelah itu air rebusan tersebut bisa diminumkan pada penderita gangguan yang sudah  disebutkan sebelumnya. bisa juga dengan mengeringkan bagian batang dan daunnya agar bisa bertahan lama sebelum digunakan.

demikianlah ulasan mengenai ciri tanaman dan Khasiat kumis kucing semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Comments