ciri ciri tanaman cengkeh

Cengkeh merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat dan memiliki nilai jual. Merupakan komoditas yang dapat diunggulkan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat. Khususnya di Didaerah Tolitoli Sulawesi Tengah, cengkeh merupakan komoditi unggulan daerah ini. Bahkan cengkeh telah menjadi ikon khas daerah Tolitoli setelah Ternate. Bagaimana tidak, rata-rata penduduknya merupakan petani cengkeh. Struktur daerah yang berbukit-bukit dengan tanahnya subur, menjadikan kota ini sebagai lahan yang baik untuk mengembang biakkan tanaman ini. Harga jual yang bisa dibilang lumayan menguntungkan benar-benar telah memperbaiki pendapatan masyarakatnya. 

Cengkeh merupakan tanaman yang dapat dipanen 2 kali dalam setahun. Tentunya dengan perawatan ekstra, karena tanaman ini merupakan komoditas unggulan maka perawatannya pun tidak bisa dilakukan setengah-setengah untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Bayangkan dalam sekali panen hasil yang bisa didapatkan dari tanaman bermanfaat ini bisa mencapai kurang lebih 1 ton dengan jumlah 400-500 pohon. Dan harga jualnya yang terbilang fantastis yang mencapai Rp 100.000 hingga 150.000 perkilonya, bahkan pada tahun 2013 lalu harga jual cengkeh di daerah Tolitoli melejit naik hingga harga Rp 180.000. jadi layaklah dikatakan bahwa cengkeh merupakan komoditas utama di daerah ini

Buah Cengkeh

Ciri-ciri tanaman Cengkeh


Struktur tanaman cengkeh terdiri dari batang sejati yang bercabang-cabang, berdahan dan ranting. Bentuknya bulat  warna kulit batang kehitaman dan bercak putih serta pemukaan kulitnya kasar. Dahan dan rantingnya lentur dan tidak mudah patah. Daunnya berwarna hijau  dan hijau tua. 

Bentuk daunnya lonjong dan majemuk karena dalam satu ibu tangkai terdapat lebih dari satu daun serta tulang daun menyebar.

buah Cengkeh terdiri dari tangkai,  dan buah . memiliki strutur tangkai bertandan dan lunak dan diujung tangkai ini ditumbuhi oleh buah. Warna buah hijau kekuningan untuk bunga muda dan merah tua untuk buah yang agak tua. Untuk buah yang sudah tua akan berwarna merah pekat kehitaman. Bentuknya kembung dan telah berbiji didalam buahnya. Karena struktur buahnya bertandan maka warna buah  dalam satu tangkai akan bervariasi menghasilkan perpaduan warna yang cantik, sedap dipandang mata.

Akar Cengkeh memiliki struktur tunggang sebagai akar utama atau pokok akarnya. Akar pokok ini menancap dalam kedasar tanah menjadi penopang tubuh tanaman yang kokoh kemudian dibagian atas permukaan tumbuh beberapa cabang akar. Jumlahnya tidak begitu banyak dan biasanya Nampak pada permukaan tanah.

Pohon Cengkeh

Manfaat Tanaman Cengkeh

Tanaman cengkeh selain buahnya bernilai jual tinggi, tanaman ini memiliki banyak manfaatnya lainya. Karena hampir semua bagian tanaman ini dapat diolah menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat baik batang, daun dan tangkainya. Juga selain sebagai bahan industri buah cengkeh juga dapat diolah secara tradisional untuk dijadikan obat pereda rasa nyeri. Bagi penderita sakit gigi atau gigi berlubang, buah cengkeh dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri yaitu dengan cara mengunyah buah cengkeh yang mentah ataupun kering atau dibuat sebagai sumbatan gigi yang berlubang. Daunnya boleh juga diekstrak kedalam bentuk minyak atau yang biasanya kita kenal sebagai minyak cengkeh yang berfungsi untuk meredakan rasa nyeri . Daun cengkeh yang kering bisa dijadikan bahan kerajinan fast foto, mungkin sulit untuk menggambarkannya tapi didaerah saya kerajinan ini cukup terkenal.  Sedangkan tangkai yang kering bisa dijadikan anti nyamuk alami, bisa digunakan dengan cara dibakar. Sedangkan kayunya sangat bagus dijadikan sebagai kayu api. Didaerah saya pohon cengkeh yang sudah berumur biasanya akan ditebang dan digantikan dengan tanaman cengkeh yang baru.  Alasannya sudah tidak produktif serta kualitas dan kuantitas buahnya buruk dan kurang. Pohon cengkeh yang produktif dan menghasilkan adalah cengkeh remaja dengan usia kurang lebih 10 – 15 tahun. Sisa penebangan itu akan menghasilkan kayu yang bisa dimanfaatkan¬ untuk berbagai keperluan seperti usaha batu bata yang membutuhkan kayu bakar. Intinya tanaman ini luar biasa bermanfaat.


Comments