Ciri-ciri tanaman Asoka

Asoka merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat kita sebagai tanaman hias. Tanaman ini berbunga dengan berbagai macam corak warna yang indah, umumnya kita menyebut tanaman ini bunga Asoka. Tanaman asoka terbagi menjadi 2 jenis yaitu asoka biasa (Asoka Bunga) yang banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias dan Asoka Hutan yang biasanya hidup liar dihutan belantara, asoka hutan dapat ditandai dengan pohonnya yang menjulang tinggi dan berbunga jarang. Untuk jenis ini banyak ditemukan dihutan-hutan belantara dan pegunungan Sulawesi.

Tanaman Asoka Hutan
jenis Asoka Hutan, gambar merupakan anakan dari asoka hutan

Tanaman asoka dapat hidup dengan baik di lingkungan yang kondisi tanahnya kering, berpasir, lembab maupun berbatu. Perkembang biakannya bisa dengan melalui biji langsung atau cangkok dan cara yang paling sering digunakan oleh masyarakat kita adalah dengan memotong bagian cabang atau rantingnya. Selain itu tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang khusus, cukup dengan meyediakan lahan yang cocok serta bersih dari benalu dan pemberian air yang cukup hingga tanaman ini benar-benar tumbuh (masa pemindahan). Namun bagi para pecinta tanaman bunga perawatanya bisa dilakukan dengan serius yaitu dengan memberikannya pupuk. selain itu penataan halaman juga perlu dilakukan karena jika tanaman ini diperhatikan dengan baik dan diberikan penataan yang benar maka tanaman ini akan memberikan pemandangan yang indah. apalagi kalau penanamannya dipadukan dengan asoka yang berlainan warna jelas hal ini akan semakin memperindah penataan taman mungkin, atau halaman rumah. tanaman ini juga dapat ditanam dengan menggunakan media pot. asalkan medianya agak sedikit besar maka pertumbuhan tanaman asoka akan tumbuh dengan hasil yang baik. bagi yang ingin memperoleh penghasilan dari tanaman ini maka media pot merupakan pilihan tepat. karena mempermudah pemindahan dan pengangkutan tanpa takut tanamannya mati atau rusak.

asoka bunga
Asoka Biasa (asoka bunga)

Ciri-ciri Tanaman Asoka


Tanaman asoka pada umumnya memiliki ciri-ciri berikut; Struktur perakaran pada tanaman asoka adalah tunggang menancap kedalam dasar tanah warna akarnya kecoklatan.

Struktur batang bercabang dan ranting, Batangnya berkayu keras berdiri tegak dan bulat, permukaan kulit batangnya kasar berwarna coklat kehitaman ada juga yang berwarna gelap. Untuk ukuran atau tinggi batang Asoka biasa (asoka bunga) bisa mencapai kurang lebih 50-70 cm sedangkan untuk asoka hutan bisa mencapai tinggi batang hingga 5 meter atau lebih.

Struktur daun majemuk bentuknya lonjong memanjang dengan ujung yang lancip, tulang daun menyirip. Warna daun hijau hingga hijau tua, permukaan daun halus dan mengkilap. Untuk ukuran daun relatif, tergantung dari jenisnya. Untuk asoka biasa (asoka bunga) jumlah helai daun bisa lebih banyak dan kecil-kecil sedangkan pada jenis asoka hutan daunnya jarang namun ukurannya bisa 5 kali lebih besar dari ukuran daun asoka biasa.

Bunga tanaman Asoka strukturnya majemuk, bentuknya bergerombol yang menjadikannya unik dan indah dipandang, namun untuk jenis asoka hutan bunganya sangat jarang atau tidak seramai asoka biasa.warna bunganya bisa bervariasi ada yang putih, oranye, jingga, ungu, merah dan merah muda.

Pemanfaatan Tanaman Asoka


Tanaman asoka bisa dimanfaatkan untuk memperindah pekarangan rumah ataupun taman karena tanaman ini tergolong sebagai tanaman hias. Namun jenis asoka yang baik untuk dibudidayakan sebagai tanaman hias dalam hal ini adalah jenis asoka biasa (asoka bunga). Sedangkan Manfaat lain dari jenis asoka hutan adalah menjaga hutan kita tetap indah dan lestari.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat. mohon maaf jika ada kekeliruan dalam ulasan ini. kekurangan dan kesalahan mungkin saja terjadi karena saya sepenuhnya sadar bahwa ulasan ini dibuat dengan banyaknya keterbatasan baik ilmu maupun referensi. namun segala bentuk dokumentasi yang ada diblog ini adalah murni hak dan kepemilikan dan sumber asli.

Comments