ciri-ciri tanaman vanili

vanili copymungkin anda termasuk  penikmat ice cream dengan cita rasa vanilla, atau berbagai macam jenis makanan yang memiliki aroma harum vanilla. jika demilikan, maka anda juga perlu mengetahui darimana cita rasa dan aroma vanilla itu berasal. bagaimana sejarah, dan bagaimana ciri-cirinya. aroma dan cita rasa Vanilla yang umumna kita kenal ternyata berasal dari biji tanaman vanili yang dapat digunakan sebagai bahan makan. untuk lebih jelasnya mari kita lihat ulasan berikut ini terkait dengan penyebaran dan ciri-ciri tentang tanaman ini.
Vanili merupakan tanaman rempah-rempah yang dikenal hampir diseluruh di dunia. vanili adalah tanaman merambat tropis dengan batang tebal hijau panjang yang bertunas akar dan melekat di pohon.tanaman ini memiliki harga jual yang lumayan tinggi di pasaran, selain itu vanili juga dapat dimanfaatkan untuk pengharum aroma makanan.Vanili atau yang dikenal dengan Vanilla Planifolia sebagai nama ilmiah dari tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko. tanaman ini pertama kali diperkenalkan oleh suku Indian yang tinggal di daera Meksiko. mereka menggunakan vanili sebagai penyedap tembakau serta untuk ramuan miniuman cokelat. Tanaman ini dikenal oleh bangsa Eropa sekitar tahun 1721 dan kemudian pada tahun 1838 tanaman ini barulah banyak dikembangkan oleh bangsa Eropa . di Indonesia tanaman vanili mulai dikenal oleh masyarakat kita sejak tahun 1819 dan pada tahun 1850 tanaman ini mulai berkembang di daratan Jawa khusunya daerah Jawa Tengah dan Jawa timur

Ciri dan bentuk tanaman vanili

Tanaman Vanili merupakan tanaman merambat pada tanaman lain, tanaman ini memiliki struktur yang unik dan lingkungan tumbuh yang berbeda dari jenis tanaman merambat lainnya. batang vanili memiliki bentuk sulur, berwarna hijau serta mengandung air dengan ruas batang sekitar 15 cm. pertumbuhan batang tanaman ini dapat mencapai 100 meter namun tergantung dari tanaman penunjang yang dirambatinya. Memiliki 2 bentuk akar yang unik yaitu akar serabut dimana akar serabut ini berada di dalam tanah dan akar yang keluar dari batang dimana akar ini berfungsi untuk melekatkan dirinya pada penunjang atau tanaman (pohon) yang dirambatinya. Daunnnya berbentuk pipih, berbentuk bulat panjang dan runcing, berwarna hijau tua agak tebal. panjang daunnya sekitar 9-22 cm dan lebarnya 3,5 –7 cm. Bunganya berwarna putih atau kuning kehijau-hijauan, bunga terdiri dari 6 helai bunga.panjang tangkainya sekitar 5-10 cm. uniknya bunga dari tanaman vanili hanya mekar selama sehari biasanya mekar pada bulan Agustus  sampai Oktober.Buah vanili pada saat masih muda berwarna hijau dengan panjang 12 – 21 cm dan sifatnya lunak.kemudian setelah masak akan berubah menjadi cokelat tua. BIji vanila berwarna hitam serta berjumlah banyak dalam setiap buah.
demikian sedikit ulasan mengenai tanaman vanili yang bermanfaat, semoga tulisan ini dapat bermanfaat sebagai sumber pengetahuan serta dapat menambah wawasan pembaca terkait dengan tanaman-tanaman bermanfaat yang dapat dibudidayakan.

Comments