ciri-ciri kacang hijau

tanaman kacang hijau
biji kacang hijau
kacang hijau merupakan tumbuhan hijau yang berasal dari India dan menyebar ke Indonesia kira-kira pada awal abad ke 17.   tanaman ini berupa semak yang tumbuh tegak dan memiliki daya tahan dengan hawa kering serta dapat tumbuh pada kondisi tanah yang kurang subur. selain itu tanaman ini juga dikenal tahan akan serangan hama dan penyakit dan budidaya tanaman ini juga cukup mudah. tanaman ini tersebar hampir di seluruh daerah Indonesia namun hanya ada beberapa daerah yang menghasilkan kacang hijau dalam jumlah besar seperti daerah Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara barat, Nusa Tenggara Timur, dan DI Yogyakarta. tumbuhan ini termasuk kedalam jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat. diantaranya sebaagai bahan olahan makanan dan tanaman yang bernilai ekonomis tinggi.

Struktur Tanaman

Tanaman Kacang Hijau ini memiliki struktur atau bagian-bagian yang terdapat pada tanaman hijau lainnya seperti akar, batang, daun, bunga,buah dan biji. 

akar kacang hijau berakar tunggang dengan sistem perakaran Mesophyte dengan cabang akar tersebar  dan Xerophyte dengan cabang akar menjulur ke bawah permukaan dan memiliki jumlah yang sedikit dibandingkan dengan Mesophyte.

batang kacang hijau berbentuk bulat dan berbuku-buku berukuran kecil, berbulu berwarna hijau kemerahan atau kecoklatan. stiap buku yang terdapat pada batangnya memiliki satu tangkai daun. tumbuh tegak dan umunya batang tanaman ini tumbih hingga mencapai 1m dan cabangnya menyebar kesemua arah.

daun tanamana kacang hijau tumbuhnya majemuk. umunya terdapat 3 helai daun pada satu tangkai. helai daunnya berbentuk oval dan bagian ujungnya lancip. warnanya helai daunnya ada yang hijau dan ada pula yang hijau tua.

bunga tanaman kacang hijau memiliki bentuk yang unik kurang lebih seperti bentuk kupu-kupu dan warnanya kuning pucat. jenis bunganya termasuk hermaprodit atau berkelamin sempurna. proses penyerbukan terjadi pada malam hari sehingga bunganya akan mekar pada pagi hari dan sore hari akan menjadi layu.

buah tanaman kacang hijau bentuknya polong panjangnya bisa mencapai sekitar 5 - 6 cm per polong. pada setiap polong berisi 10 -15 butir biji. polong yang masih muda berwarna hijau, setelah tua berubah menjadi kecoklatan atau kehitaman.

biji tanaman kacang hijau bentuknya bulat, ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan biji pada kacang kedelai. beratnya bisa mencapai kira-kira 0,5 - 0,8 mg perbutir. biji dari tanaman ini lebih banyak dimanfaatkan untuk bahan makanan yang sangat bermanfaat dan khasiat.

Khasiat dan kegunaan Kacang Hijau

tak bisa dipungkiri lagi kalau tanaman ini memiliki banyak manfaat dan kegunaan diantaranya sebagai bahan baku olahan makanan dan minuman. biji kacang hijau yang baik mengandung protein dan sumber vitamin penting seperti vitamin B1,B5,B6 selain itu kaya akan serat. selain itu kegunaan dari kacang hijau ini juga bisa  berguna sebagai obat alami yang memiliki rasa yang nikmat diantaranya pencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, meurunkan berat badan, melancarkan pencernaan,mencerahkan kulit, serta berguna sebagai zat anti racun dalam tubuh. cukup banyaklah manfaat dan kegunaan dari tanaman ini.

Comments