Pengolahan tanah untuk penanaman cabai

Tidak semua orang memiliki tanah yang luas untuk bercocok tanam. Meskipun demikian harapan atau keinginan untuk bercocok tanam tidak perlu hilang karena bercocok tanam cabai tidak membutuhkan lahan yang luas. Lahan pekarangan disekitar rumah pun dapat dimanfaatkan. Namun demikian, pengolahan tanah yang akan digunakan sebagai lahan tanaman cabai harus diperhatikan sebelum digunakan.

Sebelum dilakukan penyemaian bibit, sebaiknya tanah diolah terlebih dahulu. Pengolahan tanah untuk tanaman cabai dapat dilakukan bersamaan dengan penyemaian. Hal ini bertujuan agar pada saat pengolahan tanah selesai, bibit cabai dapat dipindahkan langsung ke lahan penanaman. Hal ini juga tentu saja bertujuan untuk membersihkan lahan dari sampah non –organik misalnya plastik atau logam-logam berat yang dapat mengakibatkan pencemaran tanah yang dapat berdampak pada peningkatan gagal panen kelak. . Pembasmian pohon-pohon atau tanaman liar yang tidak bernilai ekonomis dan membiarkan lahan tanam terbuka, guna memberikan masuknya sinar matahari kedalam partikel-partikel tanah  

Langkah berikutnya adalah penggemburan tanah dengan cara mencangkul, hal ini bertujuan untuk menyingkirkan material yang berada di lahan seperti batu dan logam atau pun material tanah yang berpotensi menghambat pertumbuhan tanaman. Dan selanjutnya tanah dibiarkan terkena sinar matahari langsung selama kurang lebih 1-3 hari.Kemudian pemberian pupuk kompos atau pupuk kandang dengan penambahan sedikit kapur dan garam.
Hal ini bertujuan untuk meminimalkan tingkat keasaman tanah. Hal ini tentu saja memerlukan penyiraman awal untuk peresapan pupuk di lahan penanaman.

contoh pembuatan bedeng pada lahan tanam


Pembuatan bedeng yang memiliki ukuran yang sesuai dengan lahan, setelah itu membiarkan lahan tersebut selama 1-3 hari sambil membuat lubang-lubang tanam yang berukuran 20 x 20 x 20 cm. Dengan jarak antar lubang 40-60 cm. Selain dibutuhkan pembersihan bedeng dari tanaman-tanaman liar seperti rumput-rumput yang tumbuh di lahan tanam. Karena jika dibiarkan hal ini akan mengganggu pertumbuhan tanaman cabai kelak.  Tanaman liar juga dapat menjadi sarang hama dan penyakit yang akan menghabiskan unsur hara tanah, selain itu tanah juga akan menjadi lembab yang kemudian dapat ditumbuhi oleh jamur yang mengganggu proses pertumbuhan.

Comments