Pengendalian hama tanaman cabai

Tanaman cabai yang sehat subur dan bebas dari hama dan penyakit dapat menghasilkan 0,5 Kg per-pohon. Akan tetapi, tanaman yang terserang sangat besar kemungkinannya mengalami gagal panen. Oleh karena itu pencegahan terhadap hama dan penyakit harus dilakukan sedini mungkin. Hama yang biasanya menyerang tanaman cabai yaitu kumbang daun, tungau merah, belalang, dan lalat buah. Berikut ini adalah berbapa hama-hama yang disebutkan beserta penanggulangannya atau solusi.

1. Serangga Thrips
Thrips
Thrips
Serangga thrips biasanya menyerang bagian permukaan bawah daun. Daun-daun yang diserangnya akan terlihat bercak-bercak cokelat dan kemudian mati. Serangga ini dapat menyebar dengan cepat melalui bantuan angin.  Pengendalian hama thrips ini dapat dilakukan dengan insektisida yang bahan aktifnya berupa racun kontak





2. Kutu Daun
Kutu daun
Kutu Daun
Kutu daun biasanya mengisap cairan jaringan dalam tanaman khususnya pada bagian tanaman yang lunak, akibatnya daun menjadi keriting, layu dan akhirnya mati. Cara pengendalian kutu daun ini dilakukan dengan berbagai cara antara lain pemupukan yang seimbang, pemangkasan daun yang terserang atau penggunaan insektisida dengan bahan aktif yang mengandung racun kontak. Namun pengendaliannya harus disesuaikan dengan keadaan lingkungan area tanaman.


3.Kumbang Daun
kumbang daun
Kunbang Daun
Serangan kumbang daun menyebabkan daun cabai berlubang-lubang dan berwarna kuning kecokelat-cokelatan kemudian mengering. Pengendaliannya dilakukan dengan cara penyemprotan larutan insektisida.






4. Tungau Merah
tungau merah
Tungau Merah
Tungau merah dapat merusak pucuk daun dan tunas muda dan bagian tanaman yang terserang oleh serangga ini tumbuh tidak normal, keriting, dan berubah warna. Tungau merah juga mengakibatkan tunas tanaman tumbuh tidak sempurna. Penanggulangannya dilakukan dengan penyemprotan larutan akarisida atau insektisida yang bersifat racun kontak.





5. Belalang 
belalang
Belalang
Belalang merupakan hama yang paling ganas. Akibat yang ditimbulkan oleh hama ini yaitu tanaman tidak dapat tumbuh dengan sempurna karena hama ini menyerang atau mematahkan tunas-tunas tanaman yang dapat menyebabkan tanaman mati. Cara penanggulangan hama belalang yaitu dengan melakukan penyemprotan insektisida bersifat sistematik, racun perut, racun kontak, atau campuran dari ketiga racun tersebut.



6. Lalat Buah
lalat buah
Lalat Buah
Tanaman cabai yang terserang lalat buah, mengakibatkan buahnya tidak normal atau gugur sebelum tua. Lalat buah membawa organisme pembusuk melalui luka pada buah sehingga mengakibatkan kualitas buah menjadi jelek. Pengendalian lalat buah dapat dilakukan dengan menghilangkan buah cabai yang terserang. Sedangkan untuk pencegahan nya, lakukan penyemprotan pada buah dengan insektisida berbahan aktif niflutrin.

Comments